Langsung ke konten utama

PENGGUNAAN METODA CLIA DAN SISTEM ADVIA CENTAUR XP



MANFAAT DAN KELEBIHAN PENGGUNAAN METODA CLIA DAN SISTEM
ADVIA CENTAUR XP SERTA ADVIA CENTAUR CP DALAM
PEMERIKSAAN DARAH

A.    Latar Belakang
Transfusi darah merupakan jalur ideal bagi penularan penyebab infeksi tertentu dari donor kepada penerima darah. Meskipun demikian, resiko tersebut dapat dikurangi dengan cara seleksi donor secara hati-hati, uji saring langsung dari darah yang didonasi dan pengambilan komponen khusus dari darah yang dianggap menyembunyikan penyebab infeksi; contohnya , dengan filtrasi darah untuk mengangkat sel darah putih.
Tidak semua penyebab infeksi dapat dideteksi secara langsung pada darah yang didonasi. Dalam uji saring darah biasanya dicari antibodi spesifik yang melawan pembawa infeksi. Dalam kasus-kasus tertentu, suatu darah tidak terinfeksi tetapi pada kasus-kasus lain darah tersebut masih bisa menularkan infeksi.
Beberapa organisme memiliki sifat kelatenan yaitu menjadi aktif kembali bila waktu dan kondisi memungkinkan. Meskipun antibodi telah dihasilkan dan infeksi akut telah diatasi, organisme tersebut tetap dalam keadaan dormant ( tidak aktif ) di dalam sel-sel pejamu. Meskipun tidak aktif, penyebab tersebut mampu muncul kembali dan pada suatu waktu bisa menimbulkan infeksi akut. Oleh karena itu, transfusi sel darah yang mengandung organisme laten dapat menimbulkan penularan infeksi.
Terdapat periode antara infeksi dengan berkembangnya antibodi (zat kekebalan tubuh). Hal ini biasanya disebut dengan periode jendela (window period). Dalam periode ini tidak mungkin dapat diidentifikasi sebagai terinfeksi atau tidak terinfeksi sampai ditemukan antibodi pada dirinya.
Kecepatan dan ketepatan dalam metoda pemeriksaan darah selalu menjadi masalah urgen sehingga senantiasa dikembangkan dan disempurnakan melalui penggunaan teknologi maupun metodanya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah perkembangan screening darah atau uji pemeriksaan darah melalui transfusi darah?
2.      Apa sajakah manfaat dan kelebihan metoda CLIA dan sistem advia centaur XP serta CP?

C.    Pembahasan
1.      Metode Pemeriksaan Uji Saring (screening) Darah melalui Transfusi Darah
Dalam mempertimbangkan masalah penularan penyakit lewat transfusi darah, perlu diingat bahwa seorang donor yang sehat akan memberikan darah yang aman. Donor yang paling aman adalah donor yang teratur, sukarela, dan tidak dibayar. Jelasnya bahwa para donor yang beresiko terhadap penyakit infeksi harus didorong agar tidak menyumbangkan darahnya.
Beberapa hal yang perlu diingat :
a.       Ada resiko penularan penyakit infeksi jika darah yang diberikan tidak diuji saring sebelum darah tersebut ditransfusi.
b.      Donor yang beresiko terhadap suatu infeksi dapat juga membawa penyebab infeksi lainnya yang dapat ditularkan, seperti sifilis, virus hepatitis B atau HIV.
c.       Pengumpulan darah dari donor yang terinfeksi akan membuang-buang waktu, tenaga dan dana.
d.      Jika banyak donasi dengan positip ditemukan, jumlah uji saring ulangan dan uji saring konfirmasi yang diperlukan akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan keseluruhan biaya pengujian kualitas darah.
Metode Pemeriksaan Uji Saring Darah menganut beberapa prinsip pengujian. Terdapat tiga jenis utama dari uji saring darah yang tersedia untuk mendeteksi penyebab infeksi:
a.       Uji aglutinasi partikel
b.      Enzyme Linked Immuno Sorbent Assay ( ELISA/EIA ) : Uji ELISA
c.       Uji cepat khusus ( Rapid Test )
Ketiga jenis uji darah tersebut tata laksananya sebagai berikut.
a.         Pengujian Aglutinasi Partikel
Pengujian aglutinasi partikel mendeteksi adanya antibodi spesifik dengan aglutinasi partikel yang dilapisi dengan antigen yang berkaitan. Aglutinasi partikel telah berkembang dari hemaglutinasi, yang menggantikan sel darah merah pembawa (carrier) dengan partikel pembawa (carrier) yang dibuat dari gelatin atau lateks, dimana prinsipnya sama untuk hemaglutinasi dan pengujian aglutinasi partikel. Pengujian tersebut umumnya dilakukan di mikro plate, tetapi seperti EIA bead, tabung-tabung mikro tidak dilapisi tetapi hanya bertindak sebagai ”tabung tes” mini untuk membuat reaksi. Salah satu manfaat utama dari tipe pengujian ini adalah tidak diperlukannya peralatan mahal. Pengujian ini tidak memiliki sejumlah tahap yang berbeda, tidak memerlukan peralatan mencuci dan dapat dibaca secara visual.
b.        EIA (ELISA)
Meskipun EIA merupakan tipe yang paling kompleks dari ketiga tipe pengujian tersebut, kami akan mempertimbangkannya lebih dahulu karena prinsip-prinsip yang berlaku pada dasarnya sama dengan prinsip-prinsip dalam kedua tipe lainnya. Oleh karena itu, segera setelah anda memahami prinsip-prinsip EIA, anda akan dengan cepat memahami prinsip-prinsip uji aglutinasi partikel dan uji rapid     ( rapid test ).
EIA tersedia dalam banyak bentuk dan dapat digunakan untuk mendeteksi baik antigen maupun antibodi. Bentuk pengujian ini yang paling sederhana dan paling umum digunakan adalah dengan memanfaatkan antiegn virus immobil yang menangkap antibodi spesifik yang berada dalam sampel tes.
c.         Pengujian Rapid Test
Tipe terakhir dari pengujian untuk ditelaah adalah pengujian cepat khusus (specialized rapid test) yang bersifat sederhana dan biasanya cepat untuk dilakukan. Tipe ini menggabungkan kesederhaan pengujian aglutinasi partikel dengan teknologi EIA.
Pengujian cepat khusus terdapat dalam sejumlah format. Format dasar adalah antigen yang dilekatkan pada membran pori atau semi-pori atau pada selembar strip, dan diberikan dalam bentuk modul tes tunggal di mana sampel tes dan reagen lain ditambahkan. Kebanyakan pengujian cepat terdapat dalam bentuk paket yang mengandung segala sesuatu yang diperlukan untuk melakukan pengujian

2.      Manfaat dan Kelebihan Metoda CLIA
Metode CLIA merupakan metoda yang menggunakan deteksi sinar yang dipancarkan dan diasosiasikan dengan penghilangan energi dari substansi elektronik sebagai akibat reaksi elektrokimia. Adapun manfaat dan kelebihan metoda CLIA antara lain:
a.       Kinerja uji yang lebih baik
Keuntungan dari metode ini adalah CLIA "kata sensitivitas dan jangkauan dinamis, yang memungkinkan deteksi konsentrasi rendah analit, dan karena itu diagnosis awal penyakit" (IVD Teknologi Oktober 2004). Monobind manfaat Luminol di reagen pencari mereka, dalam rangka untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan menciptakan dugotrajajniju reaksi cahaya yang lebih kuat daripada yang disebabkan oleh substrat lainnya. Oleh karena itu, metode tes ini lebih sensitif terhadap 100.000 kali dibandingkan dengan metode ELISA.
Metode berbagai CLIA dinamis telah ditingkatkan dibandingkan dengan metode ELISA memiliki jelas linearnošdu sposobnošdu dan diferensiasi sinyal. Bahkan, sedangkan metode ELISA dapat tidak jelas Vedu Absorbance OD dari 3.0, yang membutuhkan pengenceran sampel, metode CLIA dapat membaca tahu rentang dinamis, yang secara signifikan meningkatkan tes linearitas. Juga, rendah "wallpaper", yaitu. background memberikan kemungkinan interpretasi yang lebih jelas dari konsentrasi rendah analit (metode CLIA memiliki sinyal / rasio kebisingan yang tinggi).
b.      Usia komponen tes yang lebih lama
Substrat tes CLIA memiliki umur simpan dari 3 tahun, jauh lebih baik daripada tes yang didasarkan pada metode RIA dan sejenisnya.
c.       Hasil cepat diperoleh
Masa inkubasi berkurang dalam kaitannya dengan metode ELISA (biasanya 30 atau bahkan lebih menit), dan dengan demikian meningkatkan waktu berguna teknisi dan meningkatkan produktivitas mereka.
d.      Prosedur tes mudah diadaptasi
Tes CLIA dilakukan dengan cara yang sama seperti tes ELISA. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa metode CLIA tidak ada solusi berhenti, dan semakin pendek waktu inkubasi. Mengingat hal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa itu adalah proses yang sangat sederhana mengadaptasi pengguna ELISA tes.
Beberapa sebab metode CLIA perlu menjadi referensi dalam uji saring darah yaitu:
a.       keamanan dan keandalan hasil,
b.      esai unifikasi,
c.       Plat identik untuk semua tes CLIA (memungkinkan bagi kombinasi tes yang berbeda),
d.      mencuci identik dan sinyal reagen untuk semua tes,
e.       Tes CLIA memiliki kecepatan eksekusi 30-45 menit dibandingkan dengan uji ELISA, yang memberikan hasil dalam penerbitan periode sesingkat mungkin.
f.       sangat tepat dalam interpretasi rentang konsentrasi yang sangat rendah (tes sensitivitas yang tinggi).
g.      interpretasi yang tepat dari zona konsentrasi tinggi penggunaan pendekatan kurva software kalibrasi (tanpa perlu pengenceran sampel tambahan dan pengujian ulang)
h.      kalibrasi ulang kurva hanya dalam dua poin (hemat bahan kalibrasi dan reagen cangkir piring)
i.        berbagai tes, dilengkapi panel Combi (dengan kemungkinan pengguna untuk membuat sendiri kombinasi yang paling tepat dari tes yang berbeda)

3.      Sistem ADVIA Centaur CP Immunoassay
Sistem ADVIA Centaur CP Immunoassay adalah berkapasitas sedang dengan sistem tinggi-throughput yang dapat meningkatkan kemampuan tes di tempat Anda bekerja. Dengan menu yang luas dan tingkat perkalian tertentu, Anda dapat melakukan lebih - tanpa mengorbankan efisiensi, produktivitas, atau kualitas. Dari fitur sensitivitas superior dan spesifisitas yang Anda harapkan dapat dilakukan dari chemiluminescent dengan Advanced Acridinium Ester Technology.
Beberapa alasan pentingnya penggunaan sistem advia centaur CP immunoassay adalah:
a.       Sistem ADVIA Centaur CP memberikan sistem pengolahan dengan produktivitas yang lebih tinggi pada sampel, reagen, dan bahan sekali pakai.
b.      Sistem ADVIA Centaur CP mendukung pelayanan perawatan yang lebih baik pada sampel STAT serta prioritas uji sampel rutin.
c.       Sistem ADVIA Centaur CP penanganannya mudah karena memiliki fitur canggih seperti auto pengenceran, refleks, dan tayangan ulang tanpa intervensi operator.  
d.      Sistem ADVIA Centaur CP memberikan kenyamanan lebih karena mengambil reagen siap digunakan langsung dari kulkas, reagen yang sama dengan ADVIA Centaur XP Sistem.  
e.       Sistem The ADVIA Centaur CP adalah tes instrumen immunoassay untuk laboratorium volume sedang. Menu luas yang memungkinkan Anda berdua memperluas dan mengkonsolidasikan dengan membawa berbagai macam tes untuk satu terminal kerja, menghilangkan sistem berlebihan.
f.       Sistem ADVIA Centaur CP mudah dioperasikan, meningkatkan efisiensi dan alur kerja. Hal ini menawarkan sensitivitas yang sangat baik dan spesifisitas yang diharapkan dari chemiluminescent langsung dengan teknologi Acridinium Ester.

4.      Sistem ADVIA Centaur XP Immunoassay
Sistem ADVIA Centaur XP Immunoassay dapat melakukan pengujian bervariasi seperti pengujian rutin dan khusus tanpa mengorbankan efisiensi (cepat dan akurat). Anda dapat mempertahankan kecepatan dan akurasi untuk populasi pasien yang semakin beragam. Sistem ADVIA Centaur XP memiliki kinerja tinggi karena memiliki reagen lebih onboard dan kemampuan STAT didedikasikan untuk memaksimalkan produktivitas, terlepas dari volume atau jenis tes. Selalu siap dan terus beroperasi tanpa gangguan.
Sistem ADVIA Centaur XP Immunoassay memiliki kelebihan antara lain:
a.       Throughput (hasil) yang tinggi, hingga 240 tes / jam;
b.      Software intuitif  untuk kemudahan operasi;
c.       Pelabuhan stat menjamin prioritas sampling pada setiap saat;
d.      Data arsip mengurangi tugas-tugas administrasi;
e.       Menu yang luas dengan 30 reagen onboard;

D.    Kesimpulan
1.      Perkembangan pemeriksaan uji saring (screening) darah didominasi oleh tiga jenis utama dari uji saring darah yang tersedia untuk mendeteksi penyebab infeksi, yaitu Uji aglutinasi partikel,  Enzyme Linked Immuno Sorbent Assay ( ELISA/EIA ) : Uji ELISA dan Uji cepat khusus ( Rapid Test ).
2.      Manfaat dan kelebihan metoda CLIA antara lain:
a.       Kinerja uji yang lebih baik
b.      Usia komponen tes yang lebih lama
c.       Hasil cepat diperoleh
d.      Prosedur tes mudah diadaptasi
3.      Sistem ADVIA Centaur CP Immunoassay adalah berkapasitas sedang dengan sistem tinggi-throughput yang dapat meningkatkan kemampuan tes. Seperti produktivitas lebih tinggi, pelayanan lebih baik, penanganannya mudah, memberikan kenyamanan lebih, berkapasitas sedang dan mudah dioperasikan, meningkatkan efisiensi dan alur kerja
4.      Sistem ADVIA Centaur XP Immunoassay dapat melakukan pengujian bervariasi seperti pengujian rutin dan khusus tanpa mengorbankan efisiensi (cepat dan akurat). Seperti throughput (hasil) yang tinggi, hingga 240 tes / jam, mudah dioperasikan, menjamin prioritas sampling, pengarsipan dan Menu yang luas dengan 30 reagen onboard














Daftar Pustaka
1.      Buku Pedoman Pelayanan Transfusi Darah Depkes. Modul 2 : Uji saring untuk Penyakit Infeksi
2.      Buku Pedoman Pelayanan Transfusi Darah UTD PMI Pusat : Buku 4 (Lampiran ). Kegiatan Unit Transfusi Darah Penanganan Donor dan Kepuasan Pelanggan.
3.      http://www.sfatulmedicului.ro/profile-analize/metode-automate-de-determinare-a-markerilor-imunologici-74
4.      http://kimiaunipa.blogspot.co.id/2010/06/aplikasi-klinik-enzim.html
5.      http://spiritia.or.id/tj/bacatj.php?tjno=09112101
6.      http://joevha.blogspot.co.id/2011/06/makalah-tentang-perlayanan-tranfusi.html
7.      http://medilinux.blokspot.com/2009/2/koplikasi-transfusi-darah.html
8.      http://analisqmateri.blogspot.co.id/2010/09/mikrositik.html
9.      https://www.healthcare.siemens.com/immunoassay/systems/advia-centaur-cp-immunoassay-sys&prev=search
https://www.healthcare.siemens.com/immunoassay/systems/advia-centaur-xp/technical-specifications

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE CLIA DAN PRINSIP PENINGKATAN KUALITAS DARAH

METODE CLIA DAN PRINSIP PENINGKATAN KUALITAS DARAH DALAM MENGURANGI INFEKSI MENULAR LEWAT TRANSFUSI DARAH A.     Latar Belakang Satu tetes darah, satu kantong darah bisa menyelamatkan satu kehidupan, satu nyawa manusia dengan donor darah. Karena itu setiap pendonor diberikan pengetahuan tentang darah, cara menjadi donor darah yang berguna dan proses pengolahan donor darah, syarat donor darah yang baik, s eleksi donor, alur donor darah di PMI. Donor darah diambil pada setiap orang sekitar 250ml, maksimal 450 ml. Darah yang sudah terkumpul di Reagen (kantong darah) biasa didapatkan mobil unit PMI per harinya 600-800 kantung darah yang beredar, belum lagi yang donor darah langsung di PMI. Cukup banyak kalau dilihat dari jumlahnya, namun semua darah itu harus melalui proses skrining IMLTD/Infeksi Menular Lewat Transfusi (pemeriksaan sekorologi darah). Ada dua metode dalam penyaringan darah yaitu NAT dan CLIA, NAT untuk memeriksa virus dalam darah dan metode CLIA untuk mendet

TEKNIK TERAPI REALITAS

TEKNIK TERAPI REALITAS Terapi dalam dunia kedokteran dewasa ini menjadi alternatif atau perlakuan medis bersifat khusus atau tambahan. Namun demikian sangat direkomendasikan karena beberapa kelebihan yang dimiliki dan resiko yang lebih kecil. Karena itu penting untuk memahami seluk beluk terapi realitas. A.     Pengertian Terapi Realitas   Terapi realitas adalah suatu sistem psikoterapi yang difokuskan pada tingkah laku sekarang. Terapis berfungsi sebagai guru dan model serta mengkonfrontasikan klien dengan cara-cara yang bisa membantu klien menghadapi kenyataan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar tanpa merugikan dirinya sendiri ataupun orang lain. Inti terapi realitas adalah penerimaan tanggung jawab pribadi yang dipersamakan dengan kesehatan mental (Corey, 2010). Terapi realitas dikembangkan oleh William Glasser (1965) yang berpandangan bahwa semua manusia memiliki kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis dan psikologis. Kedua kebutuhan ini digabung menjadi satu